KONTRAK PERKULIAHAN
MATA KULIAH : Sistem Informasi Manajemen
PROGRAM STUDI (D3)
MANAJEMEN INFORMATIKA
PROGRAM STUDI (D3)
MANAJEMEN INFORMATIKA
BOBOT MATA KULIAH : 3 sks
WAKTU : 135 menit / Pertemuan/Minggu
Matakuliah ini membahas materi untuk mempersiapakan mahasiswa agar dapat melakukan analisa sistem informasi dalam suatu organisasi/perusahaan, membuat laporan analisa dalam bentuk makalah secara berkelompok serta mampu mempresentasikan hasil analisa tersebut secara baik
Kompetensi Standar Mata Kuliah :
1. Mahasiswa mengetahui dan memahami peranan sistem informasi manajemen dalam memecahkan masalah
2. Mahasiswa mampu menganalisa sistem informasi dalam suatu organisasi/perusahaan.
3. Mahasiswa mampu membuat presentasi yang menarik dan atraktif.
4. Mahasiswa mampu bekerja sama dalam kelompok kerja untuk menyelesaikan makalah tugas ujian akhir semester (UAS)
5. Mahasiswa mampu melakukan persentasi hasil riset di sebuah organisasi/perusahaan kepada dosen pengajar dengan sistematika yang baik dan tepat.
Buku Acuan
1. Mc Leod Raymond. Jr, Sistem Informasi Manajemen I, Edisi Ketujuh, 2007, PT. Prenhallindo, Jakarta
2. Mc Leod Raymond. Jr, Sistem Informasi Manajemen II, Edisi Ketujuh, 2007, PT. Prenhallindo, Jakarta
3. Hartono Jogiyanto, Analisa & Disain Sistem Informasi, 2005, Penerbit Andi, Yogyakarta
4. Davis Gordon B, Sistem Informasi Manajemen I, Kerangka Dasar, 2005, PT. Gramedia, Jakarta
5. Davis Gordon B, Sistem Informasi Manajemen II, Struktur dan Pengembangan, 2005, PT. Gramedia,
Jakarta
6. Mahyuzir D Tavri, Pengolahan Data, Edisi Ketiga, 1992, PT. Elex Media Komputindo
7. Manullang M, Dasar-dasar Manajemen, Edisi Kedelapan belas, 2005, PT. Gadjah Mada University
Press
8. Nugroho, Eko. Sistem Informasi Manajemen. 2008. PT. Andi Offset
TEKNIS PERKULIAHAN :
Jumlah Pertemuan : 14 pertemuan x 4 sks ( 1 sks = 45 menit)
Bentuk/Metode Pembelajaran : Tatap muka dengan metode ceramah,dialog tanya jawab dan presentasi
Sistem pengujian : Mata kuliah bersifat teori. Dilakukan penilaian hasil tugas-tugas yang yang diberikan baik secara individu maupun kelompok. Pengelompokan Mahasiswa : Pengelompokkan tergantung bobot tugas
KEHADIRAN
Ketentuan : 14x pertemuan tatap muka atau minimal 10x kehadiran
Keterangan :
1. Jumlah absensi menentukan kelulusan dan penilaian UAS
2. Ijin / ketidakhadiran harus disertai keterangan resmi
3. Keterlambatan pada perkuliahan ini yang ditolelir adalah 15 menit dari jadwal kuliah; lebih dari waktu
tersebut tetap diperkenankan masuk kelas tetapi tidak diperhitungkan sebagai kehadiran.
KETENTUAN PENGUMPULAN TUGAS UAS:
1. Tugas UAS dikumpulkan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan
2. Mahasiswa harus menyerahkan tugasnya sendiri atau perwakilan kelompok.
3. Konsekuensi dari keterlambatan pengumpulan karya tergantung lama keterlambatan diberikan penilaian diantara 30 sd. 70 atau maksimal B.
SISTEM PENILAIAN
Rumus Nilai Akhir :
NILAI AKHIR = Nilai Absensi 20% + Tugas 25% + UTS 25% + UAS 30%
Keterangan :
(1). Absensi perkuliahan
(2). Hasil Tugas
(3). UTS dan UAS
SKALA PENILAIAN
80 -100 = A (SANGAT BAIK )
70 - 79 = B (BAIK)
55 - 69 = C (CUKUP)
31 - 54 = D (KURANG)
0 - 30 = E (SANGAT KURANG )
UJIAN HER
Ketentuan :
1. Mahasiswa yang mendapatkan nilai D atau E di wajibkan mengikuti ujian HER
2. Mahasiswa mendaftar HER dan mendapatkan jadwal ujian HER.
3. Nilai maksimum dari ujian HER adalah B.
Rumus Nilai HER
(NILAI AKHIR x 30 % + NILAI UJIAN HER x 70 %). MAKSIMAL B.
Nilai yang digunakan dalam KHS adalah nilai terbaik setelah dibandingkan nilai akhir dan nilai ujian her.
PERTEMUAN 1
KONSEP DASAR SISTEM & INFORMASI
Mampu menganalisa Sistem Informasi Perusahaan dan membuat Laporan dari hasil analisa tersebut dan dapat mempresentasikan hasil analisa secara berkelompok.
Isi dari Laporan tersebut antara lain:
A. Profil Perusahaan
1.Data tentang Perusahaan
2.Visi dan Misi Perusahaan
3.Sejarah Perusahaan
4.Struktur Organisasi
B. Analisa Sistem Informasi Perusahaan/Organisasi
1.Menjelaskan prosedur Sistem berjalan di Perusahaan
2.Menjelaskan permasalahan/kendala di Perusahaan
3.Menjelaskan Tool Blok Sistem Informasi di Perusahaan
Sistem penilaian SIM (KBK)
20 % Absensi
25% Tugas & Quiz
25% UTS
30% UAS
Nilai UAS diambil dari tugas setelah UTS yang dipresentasikan.
Kriteria Penilaian
1.Dapat menganalisa, mengamati, menjelaskan , menyebutkan dari pengamatan yang telah dilakukan (50%)
2.Dapat mengerjakan tugas dengan baik sesuai dengan tujuan, tepat waktu dan dapat bekerja sama (25%)
3.Mampu membuat makalah dan format presentasi kemudian dipresentasikan dengan baik (25%).
Penilaian Makalah
Judul
Bab I Pendahuluan
Bab II Landasan Teori
Bab III Hasil analisa Sistem Informasi
a.Tinjauan Perusahaan
Sejarah Perusahaan , Visi dan Misi, Struktur Organisasi
b. Prosedur Sistem Berjalan
Menentukan karakteristik sistem dari sistem yang dibahas dan tool Block Sistem (alat input, alat output, software yg digunakan)
c. Permasalahan
Bab IV Penutup
Kesimpulan dan Saran.
KONSEP DASAR SISTEM
Definisi sistem
Menurut Gordon B. Davis:
Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
Menurut Raymond Mc. Leod:
Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Karakteristik sistem:
1.Komponen ( component )
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi yang artinya bekerja sama membentuk satu kesatuan komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu sub sistem atau bagian dari sistem.
2. Lingkungan luar ( environment )
Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem
3. Batasan (Boundary)
Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luar.
4. Jalinan ( interface )
merupakan media penghubung antara satu sub sistem dengan subsistem yang lainnya
5. Masukan ( input )
Energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukkan dapat berupa maintenance input dan signal input
6. Proses ( process )
Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran
7. Keluaran ( output )
Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna.
8. Sasaran / Tujuan ( goal )
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukkan yang dibutuhkan dan keluaran sistem yang akan dihasilkan oleh sistem itu sendiri.
Klasifikasi sistem:
1.Sistem abstrak vs Sistem fisik
2.Sistem alamiah vs Sistem buatan manusia
3.Sistem probabilistik vs Sistem deterministik
4.Sistem tertutup vs Sistem terbuka.
SIKLUS HIDUP SISTEM
Definisi siklus hidup sistem
Proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem, sub sistem informasi berbasis komputer
Tahapan di dalam siklus hidup sistem
Perencanaan (Planning)
Analisis (Analisa)
Perancangan (Design)
Penerapan dan Penggunaan (Implementasi)
KONSEP DASAR INFORMASI
•Definisi data:
Data merupakan kumpulan huruf atau angka yang belum diolah sehingga tidak memiliki arti.
•Definisi Informasi :
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Kualitas Informasi :
a.Akurat :
informasi bebas dari kesalahan dan bebas dari bias
b. Relevan:
informasi harus benar sesuai kebutuhan bagi pihak yang membutuhkan informasi
c. Tepat waktu:
informasi harus diberikan tepat pada waktu nya
Nilai informasi :
Manfaat
Biaya mendapatkannya.
Tugas Kelompok
Buatlah Analisa dari suatu sistem yang terdapat di sebuah Perusahaan. Tentukan salah satu sistem yang ada disana. Kemudian tentukan karakteristik sistem yang akan bahas.
Contoh Analisa sistem pengolahan data pasien pada rumah sakit ABC
1. Komponen ( component )
Dokter, Administrasi, Pasien, apoteker, petugas lab (jika ada)
2. Lingkungan luar ( environment )
apoteker, pihak jaminan (apabila menggunakan jaminan)
3. Batasan (Boundary)
Dapat ditinjau dari pembayaran (pribadi atau jaminan) dan dapat ditinjau dari rawat jalan atau rawat inap.
4. Jalinan ( interface )
a. Bagian pendaftaran Dokter
Kartu pasien dan Kartu rekamedik
b. Dokter Pasien
Resep Dokter
c. Dokter Administrasi
Kartu rekamedik dan Kartu pasien
d. Administrasi Pasien
Kwitansi dan Copy resep
e. Administrasi Owner
Laporan data pasien dan laporan pendapatan.
5. Masukan ( input )
Kartu pasien, Kartu rekamedik
6. Proses ( process )
Administrasi melakukan pendaftaran kemudian memberikan data pasien dan kartu rekam medik ke dokter
Dokter memberikan resep ke Pasiem
Pasien menyerahkan resep ke kasir untuk mengambil obat dan melakukan transaksi pembayaran kemudian administrasi pemberikan kwitansi dan copy resep
Admnistrasi memberikan laporan data pasien dan laporan pembayaran ke owner.
7. Keluaran ( output )
Resep, kwitansi, Laporan Pasien, Laporan Pembayaran
8. Sasaran / Tujuan ( goal )
Agar pengolahan data pasien lebih baik dalam hal informasi yang dihasilkan lebih akurat, relevan dan cepat lagi dari sistem yang sebelummnya.
Soal Latihan
a. Raymond Mc. Leod c. Gordon B. Davis
b. Mintzberg d. Henry Fayol
e. Jogianto
2. Sistem yang berisi gagasan atau konsep termasuk klasifikasi sistem , yaitu:
a. Sistem fisik c. Sistem Alamiah
b. Sistem Probabilistik d. Sistem Abstrak
e. Sistem Deterministik
3.Daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya disebut :
a. Environment c. Boundary
b. Interface d. Sub sistem
e. Goal
4.Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang tidak dapat diprediksi dengan pasti disebut :
a. Sistem Deterministik c. SistemProbabilistik
b. Sistem Tertutup d. Sistem Terbuka
e. Sistem Abstrak
5.Yang tidak termasuk dalam siklus hidup sistem adalah:
a. pengembangan c. Perencanaan
b. perancangan d. Analisa
e. implementasi.
PERTEMUAN 2
SISTEM INFORMASI DAN CBIS
Definisi Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.
Komponen sistem informasi
1.Perangkat keras (Hardware)
2.Perangkat lunak (Software)
3.Database
4.Prosedur
5.Personil / Orang
6.Jaringan komputer dan komunikasi data.
Tool Blok Perancangan Sistem Informasi
1.Blok Input : Alat yang digunakan untuk menerima data. Contoh : Keyboard, mouse, scanner, kamera,dll.
2.Blok Output : Alat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran. Contoh : Printer, Monitor
3.Blok Model : Menyangkut materi pemrograman. Aplikasi sains digunakan pemrograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit. Aplikasi Bisnis digunakan untuk mengolah data.
4. Blok Teknologi : Tingkat teknologi yang diperlukan sistem informasi, termasuk penggunaan internet.
5. Blok Database : Database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas organisasi/ Perusahaan.
6.Blok Kontrol : Aspek pengamanan sistem informasi. Pengamanan fisik menyangkut pengamanan terhadap kebakaran, gempa bumi, sabotase, dll. Pengamanan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus, software, dan lail-lain.
Macam-macam Sistem Informasi:
1.Sistem Reservasi Tiket Pesawat Terbang
2.Sistem Penjualan Kredit Kendaraan Bermotor
3.Sistem POS (Point-of-sale)
4.Sistem layanan akademis berbasis web
5.E-Government atau Sistem Informasi pemerintahan berbasis Internet
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
•Definisi SIM menurut Gordon B. Davis
SIM adalah sistem manusia / mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi
•Definisi SIM menurut George M. Scott
SIM adalah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi.
EUC (End User Computing)
Komputasi Pemakai Akhir / End User Computing (EUC)
Suatu lingkungan yang memungkinkan user secara langsung dapat menyelesaikan sendiri persoalan-persoalan terhadap kebutuhan informasi
EUC berkembang karena :
•Kurang responsif nya Departemen yang melayani permintaan user karena orang-orangnya terlalu sibuk
•Kecenderungan PC dan hardware pendukung yang semakin murah dan dapat dihubungkan dengan mudah ke server database.
Spesialisasi Informasi
Spesialisasi informasi adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.
Spesialisasi informasi dibagi menjadi lima golongan utama yaitu:
1. Analis sistem
2. Pengelola database
3. Spesialis jaringan
4. Programmer
5. Operator.
KONSEP DASAR CBIS
Kita menggunakan istilah sistem informasi berbasis komputer (CBIS) untuk menggambarkan lima sub sistem yang menggunakan komputer yang menyediakan informasi untuk pemecahan masalah
Sub sistem CBIS
1.Sistem Informasi Akuntansi
2.Sistem Informasi Manajemen
3.Sistem Penunjang Keputusan (DSS)
4.Otomatisasi kantor (OA)
5.Sistem Pakar.
Tugas Kelompok
Rancanglah Sebuah Sistem Informasi sederhana yang kamu ketahui dan jelaskan prosedur sistem berjalannya serta komponen sistem informasi yang terlibat.
Latihan soal
a. Software c. Hardware
b. Personil d. Prosedur
e. Jaringan Komputer
2. Spesialis informasi yang bertugas untuk membuat coding adalah:
a. Programmer c. Sistem analis
b. Operator d. Data entry
e. User
3.Printer dan monitor merupakan termasuk dari tool blok:
a. input c. teknologi
b. model d. control
e. output
4.Aspek keamanan dari sebuah sistem, termasuk dari tool blok:
a. input c. teknologi
b. model d. control
e. output
5.Pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.
a. auditor c. supervisor
b. akuntan d. manager
e. spesialis informasi.
PERTEMUAN 3
MANAJEMEN & ORGANISASI
Definisi Manajemen
Menurut Encyclopedia of the Social Science:
Manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Menurut Manullang:
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.
Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah :
1. Tingkat perencanaan strategis
contoh : Direktur, Wakil Direktur
2. Tingkat pengendalian manajemen
contoh : Kepala Divisi, Kepala Bagian
3. Tingkat pengendalian operasional
contoh : supervisor, mandor, leader.
Fungsi Manajemen
1. Planning.
Merencanakan (plan) apa yang akan dilakukan.
2. Organizing.
Mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut.
3. Staffing.
Menyusun staf (staff) organisasi dengan sumber daya yang diperlukan.
4. Directing.
Dengan sumber daya yang ada mereka mengarahkan (direct) untuk melaksanakan rencana.
5. Controlling.
Mengendalikan (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Peran manajerial
1. Peran antar pribadi
a. Figurehead (kepala)
b. Leader (pemimpin)
c. Liasion (penghubung)
2. Peran informasi
a. Monitor (pemantau)
b. Disseminator (pewarta)
c. Spokesperson (juru bicara)
3. Peran keputusan
a. Enterpreneur (wirausaha)
b. Disturbance handler (pemecah masalah)
c. Resource allocation (pembagi sumber daya)
d. Negotiator (perunding).
Manajer
•Keahlian manajer
1. Keahlian komunikasi
2. Keahlian pemecahan masalah
•Pengetahuan dasar manajer
1. Mengerti komputer
2. Mengerti informasi.
KONSEP DASAR ORGANISASI
•Definisi Organisasi :
Suatu sistem perilaku orang-orang yang saling berinteraksi dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas
•Definisi Struktur Organisasi :
kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan- hubungan diantara fungsi-fungsi.
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi terdiri dari:
1.Organisasi Lini
2.Organisasi Lini & Staff
3.Organisasi Fungsional.
Struktur Lini
Ciri :
a.Hubungan antara pimpinan & bawahan masih bersifat langsung melalui satu garis wewenang
b.Jumlah karyawan sedikit
c.Pucuk pimpinan biasanya pemilik perusahaan
d.Organisasi kecil.
Keuntungan
a.Kesatuan pimpinan berada dalam satu tangan
b.Pengambilan keputusan cepat
c.Garis pimpinan tegas
d.Pengendalian secara ketat dapat dilaksanakan
Kelemahan
a.Tidak dapat dibedakan antara tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan
b.Kecenderungan pimpinan diktator
c.Organisasi terlalu bergantung pada satu orang
d.Kesempatan karyawan berkembang terbatas.
Struktur Lini & Staff
Ciri :
a.Organisasi besar dan komplek
b.Jumlah karyawan besar
c.Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung.
Keuntungan
a. Pimpinan tetap berada pada satu tangan
b.Adanya pembagian tugas yang jelas
c.Bakat dapat dikembangkan
Kelemahan
a.Tidak ada perbedaan antara perintah dan bantuan
b.Solidaritas karyawan kurang, karena tidak saling mengenal
c.Persaingan kurang sehat sering terjadi.
Struktur Fungsional
Ciri :
a.Pembidangan tugas dapat dibedakan dengan jelas
b.Spesialisasi karyawan dapat berkembang optimal
c.Bawahan akan menerima perintah dari beberapa atasan.
Keuntungan
a.Karyawan dapat terampil di bidang masing-masing
b.Efisiensi & produktifitas dapat ditingkatkan
c.Solidaritas, moral & disiplin karyawan tinggi
Kelemahan
a.Pekerjaan kadang-kadang sangat bosan
b.Karyawan hanya mementingkan bidangnya.
Visi dan Misi Perusahaan
VisiMerupakan sesuatu yang didambakan untuk dimiliki dimasa depan. Menggambarkan aspirasi masa depan tanpa menspesifikasi cara-cara untuk mencapainya.
Misi
Apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan dalam usahanya mewujudkan Visi yang telah dirumuskan.
Tugas Kelompok
Rancanglah Sebuah Perusahaan atau Organisasi beserta Visi, Misi dengan menggambarkan struktur organisasi salah satu dari struktur berikut ini:
1.Organisasi Lini
2.Organisasi Lini & Staff
3.Organisasi Fungsional.
Latihan soal
a. Mandor c. Direktur
b. Supervisor d. wakil direktur
e. Kepala Divisi
2.Yang termasuk dari Struktur Organisasi, kecuali:
a. Lini c. Lini & Staff
b. Staff d. Fungsional
e. semua benar
3. Suatu sistem perilaku orang-orang yang saling berinteraksi dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas disebut :
a. Organisasi c. Struktur Organisasi
b. Sistem d. Manajemen
e. Sistem Informasi
4.Pengetahuan dasar manajer adalah :
a. Komputer c. Informasi
b. Bahasa Asing d. Marketing
e. jawaban a dan c benar
5.Untuk perusahaan atau organisasi yang besar, kompleks dan mempunyai karyawan yang besar menggunakan struktur organisasi :
a. Lini c. Lini & Staff
b. Staff d. Fungsional
e. Fungsional & Staf.
PERTEMUAN 4
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR & PEMASARAN
Definisi
Merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.
Istilah yang digunakan dalam S.I. Manufaktur:
1.ROP (Reorder Point)
suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali.
2.MRP (Material Requirements Planning)
suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
3.MRP II (Material Resources Planning)
suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja. Sistem ini hanya untuk memperkerjakan mesin secara efektif.
4. JIT (Just In Time)
suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau tepat pada waktu nya
5. CIM (Computer Integrated Manufacturing)
suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan efisien. CIM menggabungkan robotika, CAM kontrol mesin
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan.
Sistem Informasi Pemasaran merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.
Prinsip pemasaran
Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur 4P :
1. Product
Menyediakan informasi mengenai produk yang dihasilkan
2. Promotion
Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan
dan penjualan langsung
3. Place
Menyediakan informasi tentang jaringan distribusi
4. Price
Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga.
Kelompok Informasi Pemasaran
1. Informasi Produk
menyangkut produk yang dijual dan produk-produk kompetitor
2. Informasi Promosi
Menyangkut cara, media dan waktu promosi yang dilakukan
3. Informasi Tempat
Menyangkut lokasi atau tempat menjual produk
4. Informasi Harga
Menyangkut harga produk, termasuk harga dari kompetitor.
Penelitian Pemasaran
adalah Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran.
Data Yang akan dikumpulkan untuk penelitian pemasaran:
1. Data Primer
2. Data Sekunder.
Pengumpulan Data
1. Data Primer
Adalah data yang dikumpulkan oleh pihak perusahaan
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data primer :
a. Survey
b. Wawancara mendalam
c. Pengamatan
d. Pengujian terkendali.
2. Data sekunder
adalah data yang dikumpulkan oleh pihak lain.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar, majalah, buku atau internet.
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
1. Riset Pemasaran (Marketing Research)
Berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data pelanggan dan calon pelanggan
2.Informasi Pemasaran (Marketing Intelligence)
Berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data perusahaan pesaing yang memiliki hubungan dengan penjualan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
3. Pemrosesan transaksi
Sistem informasi akuntansi yang berhubungan dengan penjualan
4. Peramalan Penjualan (Sales Forecasting)
Berguna untuk melaksanakan peramalan penjualan.
Tugas Kelompok
1. Gambarkan proses siklus produksi barang secara manufakturing. Jelaskan dari proses pembuatan sampai dengan proses pengiriman ke customer
2. Buatlah Strategi Pemasaran pada sebuah Perusahaan dengan menggunakan konsep 4P.
Bentuk pilihan pemasaran yang dapat digunakan:
a. Produk
b. Jasa
c. Pengalaman.
Latihan soal
a. CAM
b. CAD
c. CAE
d. CAT
e. Robotik
2.Data yang dikumpulkan oleh pihak perusahaan disebut data:
a. Data intern c. Data primer
b. Data sekunder d. Data pribadi
e. Data eksternal
3.Data yang diperoleh dari surat kabar termasuk ke dalam data :
a. Data intern c. Data primer
b. Data sekunder d. Data eksternal
e. Data pribadi.
4.Menanyai sejumlah orang dengan pertanyaan yang sama melalui wawancara pribadi, telepon ataupun surat adalah cara yang digunakan dalam:
a. Survey c. Wawancara mendalam
b. Pengamatan d. Pengujian terkendali
e. Observasi
5.Menggunakan percobaan yang dirancang untuk mengukur dampak dari suatu prilaku atau perlakuan adalah cara yang digunakan dalam:
a. Survey c. Wawancara mendalam
b. Pengamatan d. Pengujian terkendali
e. Observasi.
Definisi
Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu subsistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Keuangan terdiri atas 2 subsistem :
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Sistem Informasi Anggaran
A. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Menyediakan data akuntansi yang berupa catatan mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan.
Akuntansi adalah rekaman kegiatan organisasi dalam bentuk bahasa keuangan. Informasi selanjutnya digunakan untuk dasar pengambilan keputusan manajer.
b. Data sekunder d. Data eksternal
e. Data pribadi.
4.Menanyai sejumlah orang dengan pertanyaan yang sama melalui wawancara pribadi, telepon ataupun surat adalah cara yang digunakan dalam:
a. Survey c. Wawancara mendalam
b. Pengamatan d. Pengujian terkendali
e. Observasi
5.Menggunakan percobaan yang dirancang untuk mengukur dampak dari suatu prilaku atau perlakuan adalah cara yang digunakan dalam:
a. Survey c. Wawancara mendalam
b. Pengamatan d. Pengujian terkendali
e. Observasi.
PERTEMUAN 5
SISTEM INFORMASI KEUANGAN
Definisi
Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu subsistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Keuangan terdiri atas 2 subsistem :
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Sistem Informasi Anggaran
A. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Menyediakan data akuntansi yang berupa catatan mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan.
Akuntansi adalah rekaman kegiatan organisasi dalam bentuk bahasa keuangan. Informasi selanjutnya digunakan untuk dasar pengambilan keputusan manajer.
A. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Sub Sistem yang terdapat pada sistem informasi akuntansi antara lain:
1. Pemrosesan pesanan penjualan: subsistem yang menangani pemrosesan pesanan dari pelanggan
2. Pemrosesan persediaan: subsistem yang menangani perubahan dalam persediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali
3. Buku Besar (general ledger): subsistem yang mengkonsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik
4. Piutang Dagang: subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan serta laporan manajemen kredit.
B. Sistem Informasi Anggaran
Sistem Informasi Anggaran dalam organisasi pemerintah atau dalam Perusahaan bertujuan menyediakan informasi keuangan bagi manajer keuangan.
Proses pembuatan anggaran:
1. Pendekatan dari atas ke bawah
Eksekutif yang menentukan jumlah anggaran dan kemudian menekankan jumlah tersebut pada tingkat yang lebih rendah.
2. Pendekatan dari bawah ke atas
Proses penganggaran dimulai pada tingkat organisasi terendah.
3. Pendekatan partisipasi
Pihak yang akan menerima dana ikut berpartisipasi dalam menentukan tingkat dana.
Output dari Sistem Informasi Keuangan.
I. Sub Sistem Peramalan
Berfungsi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis
Fakta Dasar Peramalan:
a. Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu
b. Semua peramalan adalah keputusan semi terstruktur
c. Tidak ada peramalan yang sempurna.
Metode Peramalan
Jenis-jenis peramalan
1. Peramalan jangka panjang
2. Peramalan jangka pendek
Metode Peramalan
1. Metode kuantitatif
2. Metode Non Kuantitatif
a. Tehnik Konsensus Panel
b. Metode Delphi
c. Rapat elektronik.
II. Sub Sistem Manajemen Dana
Berguna untuk membantu pengelolaan aset, seperti kas dan saham dengan manfaat yang tinggi tetapi dengan resiko yang kecil.
Tujuan :
1.Memastikan bahwa arus uang yang masuk melalui pendapatan lebih besar dari arus uang yang keluar melalui biaya.
2.Memastikan bahwa keadaan ini akan stabil sepanjang tahun.
III . Sub Sistem Pengendalian
Sub sistem yang terkait dengan anggaran. Bagian ini dapat melaksanakan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan.
Auditor
Sistem Audit Internal
Auditor adalah orang bertugas memeriksa catatan akuntansi untuk menguji kebenarannya.
Auditor dibagi menjadi dua jenis yaitu :
1. Auditor Ekternal : Auditor yang bekerja untuk kantor akuntansi publik.
2. Auditor Internal : Auditor yang dimiliki sendiri oleh perusahaan.
Auditor
•Sifat pekerjaan Auditor Internal
1. Obyektivitas
2. Independen
•Pengetahuan dan Keahlian Auditor Internal
1. Pendidikan
2. Kemampuan khusus
3. Pengalaman.
Tugas Kelompok
Buatlah proposal untuk melakukan promosi sebuah produk yang akan dipasarkan, dengan isi proposal terdiri dari :
a.Tema kegiatan
b.Tempat, tanggal dan waktu pelaksanaan
c.Tujuan kegiatan
d. Sasaran peserta
e. Susunan acara
f. Rancangan anggaran dana kegiatan.
1.Yang bertugas menguji akurasi catatan keuangan perusahaan adalah:
a. Audit keuangan c. Chief Executive Officer
b. Chief Financial Officer d. Komite audit
e. Manager
2.Yang mengelola fungsi keuangan dalam suatu perusahaan adalah:
a. Audit internal c. Audit eksternal
b. Chief Eksekutif Officer d. Chief Financial Officer
e. Manager
3.Metode yang menggunakan perhitungan tertentu dalam metode peramalan disebut :
a. Metode kuantitatif
b. Metode non kuantitatif
c. Metode Delphi
d. Metode tehnik konsensus Panel
e. Metode Deskriptif.
4.Sub sistem manajemen dana bertugas :
a.Mengatur dan mengelola arus uang
b.Membuat metode peramalan
c.Membuat anggaran operasional
d.Mengaudit catatan akuntansi perusahaan
e.Membuat catatan akuntansi
5. Berikut adalah fakta dasar mengenai peramalan,kecuali:
a. Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu
b. Semua peramalan adalah keputusan semi terstruktur
c. Tidak ada peramalan yang sempurna
d. Semua peramalan adalah keputusan terstruktur
e. Peramalan terdiri dari jangka pendek dan jauh.
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
•Definisi Sistem Informasi SDM
Sistem yang digunakan dalam mengelola personil yang ada didalam perusahaan.
•Fungsi SDM
SDM merupakan departemen atau divisi di dalam organisasi yang bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang berhubungan dengan SDM.
Kegiatan Utama SDM
1. Perekrutan dan Penerimaan
2. Pendidikan dan Pelatihan
3. Manajemen Data
4. Penghentian dan Administrasi Tunjangan.
A. Subsistem Input Sistem Informasi SDM :
1. Sistem Informasi Akuntansi
Data yang diolah terdiri dari data personil dan data keuangan
Data Personil : relatif lebih permanen & bersifat non keuangan
Data Keuangan : bersifat keangan & cenderung dinamis
2. Subsistem Penelitian SDM
Mengumpulkan data melalui proyeku penelitian khusus:
a. Penelitian suksesi
b. Analisis dan evaluasi jabatan
c. Penelitian keluhan.
perusahaan.
Database SISDM
Data yang tersimpan dalam database SISDM terdiri dari data pegawai dan data non-pegawai.
Data Pegawai : berisi data yang berhubungan dengan data pegawai atau perusahaan yang ada
Data Non Pegawai : berisi data non pegawai dalam database perusahaan. Seperti: data agen tenaga kerja, akademi/universitas, serikat pekerja dan pemerintah.
B. Subsistem Output Sistem Informasi SDM :
1. Subsistem Angkatan Kerja
Semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan kebutuhan pegawai dimasa depan.
2. Subsistem Perekrutan
Melakukan kegiatan perekrutan.
3. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja
Menggunakan aplikasi untuk mengetahui usaha pengembangan angkatan kerja yang sudah dilakukan
4. Subsistem Kompensasi
Melakukan proses penggajian.
5. Subsistem Tunjangan
Menyediakan paket tunjangan baik bagi pegawai yang masih bekerja maupun yang pensiun.
6.Subsistem Pelaporan Lingkungan.
Ditujukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan diluar perusahaan.
pensiun, dll
Data Pendidikan, keluarga dan lain-lain : data pendidikan, data keluarga, data tanggungan
Output : data pribadi, daftar pegawai yang akan naik jabatan, data pegawai yang akan pensiun.
Sistem Informasi Kepegawaian
Berguna untuk mengolah data kepegawaian
Data yang terdapat pada S.I. Kepegawaian :
Data Induk: identitas pegawai memuat NIP, nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, agama, dll
Data Riwayat kepegawaian : data kenaikan jabatan, data prestasi kerja, data pensiun, dll
Data Pendidikan, keluarga dan lain-lain : data pendidikan, data keluarga, data tanggungan
Output : data pribadi, daftar pegawai yang akan naik jabatan, data pegawai yang akan pensiun.
Sistem Informasi Penggajian
Berguna untuk mengolah data gaji , cetak slip gaji dan pembuatan laporan daftar gaji
Input : Data gaji pokok, data tunjangan, data kenaikan jabatan, data lembur, data potongan,
Laporan : Slip gaji, Rekapitulasi gaji pegawai perbulan.
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI
PENDAHULUAN
1.Jasa Informasi adalah area fungsional utama perusahaan yang terdiri dari analis sistem, programmer, pengelola database, spesialis jaringan, dan personil operasi.
Pendahuluan
2. Sumber Daya Informasi perusahaan meliputi hardware,software, para spesialis informasi, pemakai, fasilitas, database dan informasi.
3. Sistem Informasi Sumber Daya Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi perusahaan pada para pemakai diseluruh perusahaan
4. Manajer unit jasa informasi dikenal dengan istilah CIO(Chief Information Officer).
A. Sistem Input Sistem Informasi Sumber Daya Informasi
1. Sistem Informasi Akuntansi
Mengumpulkan data internal yang menjelaskan unit jasa informasi dan data eksternal yang menjelaskan transaksi unit tersebut dengan para pemasoknya.
2. Subsistem Riset SDI
Melakukan kegiatan-kegiatan yang terdiri dari proyek-proyek riset di dalam perusahaan yang selanjutnya menentukan kebutuhan pemakai dan kepuasan pemakai.
3. Subsistem Intelijen SDI
Berhubungan dengan pengumpulan informasi dari elemen-elemen lingkungan perusahaan.
B. Subsistem Output Sistem Informasi Sumber Daya Informasi
1. Subsistem perangkat keras.
Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras.
2. Subsistem perangkat lunak
Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat lunak
3. Subsistem SDM
Menyediakan informasi tentang spesialis
informasi perusahaan.
4. Subsistem data dan informasi
Menyiapkan output yang menjelaskan sumber daya data dan informasi yang berada di database pusat
5. Subsistem sumber daya terintegrasi
Menyatukan informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras, perangkat lunak, SDM, serta data dan informasi.
Tanggung jawab Chief Information Officer (CIO)
1.Berkontribusi pada perencanaan strategis perusahaan dan jasa informasi
2.Sumber kepemimpinan utama dalam mencapai dan memelihara kualitas informasi, menjaga keamanan sumber daya informasi, merencanakan keadaan tak terduga dan menjaga biaya sumber daya informasi tetap terkendali.
Keamanan Sistim
Mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
Tujuan keamanan :
1. Kerahasiaan
2. Ketersediaan
3. Integritas.
Ancaman terhadap keamanan :
1. Pengungkapan tidak sah & pencurian
2. Penggunaan tidak sah
3. Penghancuran tidak sah & penolakan jasa
4. Modifikasi tidak sah.
Untuk mengatasi ancaman keamanan dilakukan pengendalian akses sebagai berikut :
1. Identifikasi pemakai
2. Pembuktian keaslian pemakai
3. Otorisasi pemakai.
Perencanaan berjaga-jaga untuk mengatasi keamanan
1. Rencana darurat :
merencanakan ukuran-ukuran yang memastikan keamanan pegawai jika terjadi bencana seperti sistem alarm, prosedur evakuasi dan sistem pemadam api
2. Rencana cadangan :
a. Pengulangan ( redudancy )
b. Keragaman ( diversity )
c. Mobilitas ( mobility ).
3. Rencana catatan-catatan vital
Cara mengamankan catatan-catatan vital :
a. Back-up
b. Back-up disimpan di lokasi yang jauh.
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi
•Konsolidasi
Mengurangi jumlah sumber daya informasi yang terpisah
•Downsizing
Transfer berbagai aplikasi berbasis komputer dari konfigurasi peralatan besar (mainframe) ke platform yang lebih kecil (komputer mini, LAN berbasis PC ).
Smartsizing
Adalah pemindahan ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya
Keuntungan:
1. Pengurangan biaya
2. User friendly
3.Lebih cepat dalam menjalankan sistem
4.User dapat berpartisipasi dalam bangsis
5.User dapat berkomunikasi dengan staf IT dengan lebih baik.
Smartsizing.
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi
Resiko:
1. Keamanan
2. Berkurangnya integritas
3. Kesulitan pemulihan dari bencana.
• Outsourcing
Mengkontrakkan keluar semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan.
Outsourcer : suatu perusahaan jasa komputer yang melaksanakan sebagian atau seluruh kegiatan komputasi perusahaan pelanggan untuk periode waktu yang lama.
Outsourcing
Jasa outsorcing:
1. Entry data & pengolahan data sederhana
2. Kontrak pemrograman
3. Manajemen fasilitas
4. Integrasi sistem
5. Dukungan operasi untuk pemeliharaan,
pelayanan atau pemulihan dari bencana
Keuntungan outsourcing:
1. Pengurangan biaya
2. Dapat memperkirakan biaya-biaya masa depan.
b.Melakukan evaluasi jabatan
c.Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM di lingkungan luar perusahaan
d.Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM di dalam perusahaan
e.Mengumpulkan data karyawan
2.Cenderung dinamis dan dan bersifat keuangan adalah ciri dari:
a. Data personal c. Data keuangan
b. Data primer d. Data sekunder
e. Data pribadi
3.Melakukan proses penggajian adalah tugas yang dilakukan oleh sub sistem output:
a.Kompensasi c. Tunjangan
b.Perekrutan d. Manajemen angkatan kerja
e. Pelatihan
4.Pemindahan sistem ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya disebut:
a. Downsizing c. Smartsizing
b. Konsolidasi d. Outsourcing
e. Smallsizing
5.Mengkontrakkan semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan disebut:
a. Downsizing c. Smartsizing
b. Konsolidasi d. Outsourcing
e. Diversity.
Sub Sistem yang terdapat pada sistem informasi akuntansi antara lain:
1. Pemrosesan pesanan penjualan: subsistem yang menangani pemrosesan pesanan dari pelanggan
2. Pemrosesan persediaan: subsistem yang menangani perubahan dalam persediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali
3. Buku Besar (general ledger): subsistem yang mengkonsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik
4. Piutang Dagang: subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan serta laporan manajemen kredit.
B. Sistem Informasi Anggaran
Sistem Informasi Anggaran dalam organisasi pemerintah atau dalam Perusahaan bertujuan menyediakan informasi keuangan bagi manajer keuangan.
Proses pembuatan anggaran:
1. Pendekatan dari atas ke bawah
Eksekutif yang menentukan jumlah anggaran dan kemudian menekankan jumlah tersebut pada tingkat yang lebih rendah.
2. Pendekatan dari bawah ke atas
Proses penganggaran dimulai pada tingkat organisasi terendah.
3. Pendekatan partisipasi
Pihak yang akan menerima dana ikut berpartisipasi dalam menentukan tingkat dana.
Output dari Sistem Informasi Keuangan.
I. Sub Sistem Peramalan
Berfungsi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis
Fakta Dasar Peramalan:
a. Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu
b. Semua peramalan adalah keputusan semi terstruktur
c. Tidak ada peramalan yang sempurna.
Metode Peramalan
Jenis-jenis peramalan
1. Peramalan jangka panjang
2. Peramalan jangka pendek
Metode Peramalan
1. Metode kuantitatif
2. Metode Non Kuantitatif
a. Tehnik Konsensus Panel
b. Metode Delphi
c. Rapat elektronik.
II. Sub Sistem Manajemen Dana
Berguna untuk membantu pengelolaan aset, seperti kas dan saham dengan manfaat yang tinggi tetapi dengan resiko yang kecil.
Tujuan :
1.Memastikan bahwa arus uang yang masuk melalui pendapatan lebih besar dari arus uang yang keluar melalui biaya.
2.Memastikan bahwa keadaan ini akan stabil sepanjang tahun.
III . Sub Sistem Pengendalian
Sub sistem yang terkait dengan anggaran. Bagian ini dapat melaksanakan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan.
Auditor
Sistem Audit Internal
Auditor adalah orang bertugas memeriksa catatan akuntansi untuk menguji kebenarannya.
Auditor dibagi menjadi dua jenis yaitu :
1. Auditor Ekternal : Auditor yang bekerja untuk kantor akuntansi publik.
2. Auditor Internal : Auditor yang dimiliki sendiri oleh perusahaan.
Auditor
•Sifat pekerjaan Auditor Internal
1. Obyektivitas
2. Independen
•Pengetahuan dan Keahlian Auditor Internal
1. Pendidikan
2. Kemampuan khusus
3. Pengalaman.
Tugas Kelompok
Buatlah proposal untuk melakukan promosi sebuah produk yang akan dipasarkan, dengan isi proposal terdiri dari :
a.Tema kegiatan
b.Tempat, tanggal dan waktu pelaksanaan
c.Tujuan kegiatan
d. Sasaran peserta
e. Susunan acara
f. Rancangan anggaran dana kegiatan.
Latihan soal
a. Audit keuangan c. Chief Executive Officer
b. Chief Financial Officer d. Komite audit
e. Manager
2.Yang mengelola fungsi keuangan dalam suatu perusahaan adalah:
a. Audit internal c. Audit eksternal
b. Chief Eksekutif Officer d. Chief Financial Officer
e. Manager
3.Metode yang menggunakan perhitungan tertentu dalam metode peramalan disebut :
a. Metode kuantitatif
b. Metode non kuantitatif
c. Metode Delphi
d. Metode tehnik konsensus Panel
e. Metode Deskriptif.
4.Sub sistem manajemen dana bertugas :
a.Mengatur dan mengelola arus uang
b.Membuat metode peramalan
c.Membuat anggaran operasional
d.Mengaudit catatan akuntansi perusahaan
e.Membuat catatan akuntansi
5. Berikut adalah fakta dasar mengenai peramalan,kecuali:
a. Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu
b. Semua peramalan adalah keputusan semi terstruktur
c. Tidak ada peramalan yang sempurna
d. Semua peramalan adalah keputusan terstruktur
e. Peramalan terdiri dari jangka pendek dan jauh.
PERTEMUAN 6
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA & SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI
•Definisi Sistem Informasi SDM
Sistem yang digunakan dalam mengelola personil yang ada didalam perusahaan.
•Fungsi SDM
SDM merupakan departemen atau divisi di dalam organisasi yang bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang berhubungan dengan SDM.
Kegiatan Utama SDM
1. Perekrutan dan Penerimaan
2. Pendidikan dan Pelatihan
3. Manajemen Data
4. Penghentian dan Administrasi Tunjangan.
A. Subsistem Input Sistem Informasi SDM :
1. Sistem Informasi Akuntansi
Data yang diolah terdiri dari data personil dan data keuangan
Data Personil : relatif lebih permanen & bersifat non keuangan
Data Keuangan : bersifat keangan & cenderung dinamis
2. Subsistem Penelitian SDM
Mengumpulkan data melalui proyeku penelitian khusus:
a. Penelitian suksesi
b. Analisis dan evaluasi jabatan
c. Penelitian keluhan.
perusahaan.
Database SISDM
Data yang tersimpan dalam database SISDM terdiri dari data pegawai dan data non-pegawai.
Data Pegawai : berisi data yang berhubungan dengan data pegawai atau perusahaan yang ada
Data Non Pegawai : berisi data non pegawai dalam database perusahaan. Seperti: data agen tenaga kerja, akademi/universitas, serikat pekerja dan pemerintah.
B. Subsistem Output Sistem Informasi SDM :
1. Subsistem Angkatan Kerja
Semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan kebutuhan pegawai dimasa depan.
2. Subsistem Perekrutan
Melakukan kegiatan perekrutan.
3. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja
Menggunakan aplikasi untuk mengetahui usaha pengembangan angkatan kerja yang sudah dilakukan
4. Subsistem Kompensasi
Melakukan proses penggajian.
5. Subsistem Tunjangan
Menyediakan paket tunjangan baik bagi pegawai yang masih bekerja maupun yang pensiun.
6.Subsistem Pelaporan Lingkungan.
Ditujukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan diluar perusahaan.
pensiun, dll
Data Pendidikan, keluarga dan lain-lain : data pendidikan, data keluarga, data tanggungan
Output : data pribadi, daftar pegawai yang akan naik jabatan, data pegawai yang akan pensiun.
Sistem Informasi Kepegawaian
Berguna untuk mengolah data kepegawaian
Data yang terdapat pada S.I. Kepegawaian :
Data Induk: identitas pegawai memuat NIP, nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, agama, dll
Data Riwayat kepegawaian : data kenaikan jabatan, data prestasi kerja, data pensiun, dll
Data Pendidikan, keluarga dan lain-lain : data pendidikan, data keluarga, data tanggungan
Output : data pribadi, daftar pegawai yang akan naik jabatan, data pegawai yang akan pensiun.
Sistem Informasi Penggajian
Berguna untuk mengolah data gaji , cetak slip gaji dan pembuatan laporan daftar gaji
Input : Data gaji pokok, data tunjangan, data kenaikan jabatan, data lembur, data potongan,
Laporan : Slip gaji, Rekapitulasi gaji pegawai perbulan.
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI
PENDAHULUAN
1.Jasa Informasi adalah area fungsional utama perusahaan yang terdiri dari analis sistem, programmer, pengelola database, spesialis jaringan, dan personil operasi.
Pendahuluan
2. Sumber Daya Informasi perusahaan meliputi hardware,software, para spesialis informasi, pemakai, fasilitas, database dan informasi.
3. Sistem Informasi Sumber Daya Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi perusahaan pada para pemakai diseluruh perusahaan
4. Manajer unit jasa informasi dikenal dengan istilah CIO(Chief Information Officer).
A. Sistem Input Sistem Informasi Sumber Daya Informasi
1. Sistem Informasi Akuntansi
Mengumpulkan data internal yang menjelaskan unit jasa informasi dan data eksternal yang menjelaskan transaksi unit tersebut dengan para pemasoknya.
2. Subsistem Riset SDI
Melakukan kegiatan-kegiatan yang terdiri dari proyek-proyek riset di dalam perusahaan yang selanjutnya menentukan kebutuhan pemakai dan kepuasan pemakai.
3. Subsistem Intelijen SDI
Berhubungan dengan pengumpulan informasi dari elemen-elemen lingkungan perusahaan.
B. Subsistem Output Sistem Informasi Sumber Daya Informasi
1. Subsistem perangkat keras.
Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras.
2. Subsistem perangkat lunak
Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat lunak
3. Subsistem SDM
Menyediakan informasi tentang spesialis
informasi perusahaan.
4. Subsistem data dan informasi
Menyiapkan output yang menjelaskan sumber daya data dan informasi yang berada di database pusat
5. Subsistem sumber daya terintegrasi
Menyatukan informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras, perangkat lunak, SDM, serta data dan informasi.
Tanggung jawab Chief Information Officer (CIO)
1.Berkontribusi pada perencanaan strategis perusahaan dan jasa informasi
2.Sumber kepemimpinan utama dalam mencapai dan memelihara kualitas informasi, menjaga keamanan sumber daya informasi, merencanakan keadaan tak terduga dan menjaga biaya sumber daya informasi tetap terkendali.
Keamanan Sistim
Mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
Tujuan keamanan :
1. Kerahasiaan
2. Ketersediaan
3. Integritas.
Ancaman terhadap keamanan :
1. Pengungkapan tidak sah & pencurian
2. Penggunaan tidak sah
3. Penghancuran tidak sah & penolakan jasa
4. Modifikasi tidak sah.
Untuk mengatasi ancaman keamanan dilakukan pengendalian akses sebagai berikut :
1. Identifikasi pemakai
2. Pembuktian keaslian pemakai
3. Otorisasi pemakai.
Perencanaan berjaga-jaga untuk mengatasi keamanan
1. Rencana darurat :
merencanakan ukuran-ukuran yang memastikan keamanan pegawai jika terjadi bencana seperti sistem alarm, prosedur evakuasi dan sistem pemadam api
2. Rencana cadangan :
a. Pengulangan ( redudancy )
b. Keragaman ( diversity )
c. Mobilitas ( mobility ).
3. Rencana catatan-catatan vital
Cara mengamankan catatan-catatan vital :
a. Back-up
b. Back-up disimpan di lokasi yang jauh.
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi
•Konsolidasi
Mengurangi jumlah sumber daya informasi yang terpisah
•Downsizing
Transfer berbagai aplikasi berbasis komputer dari konfigurasi peralatan besar (mainframe) ke platform yang lebih kecil (komputer mini, LAN berbasis PC ).
Smartsizing
Adalah pemindahan ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya
Keuntungan:
1. Pengurangan biaya
2. User friendly
3.Lebih cepat dalam menjalankan sistem
4.User dapat berpartisipasi dalam bangsis
5.User dapat berkomunikasi dengan staf IT dengan lebih baik.
Smartsizing.
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi
Resiko:
1. Keamanan
2. Berkurangnya integritas
3. Kesulitan pemulihan dari bencana.
• Outsourcing
Mengkontrakkan keluar semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan.
Outsourcer : suatu perusahaan jasa komputer yang melaksanakan sebagian atau seluruh kegiatan komputasi perusahaan pelanggan untuk periode waktu yang lama.
Outsourcing
Jasa outsorcing:
1. Entry data & pengolahan data sederhana
2. Kontrak pemrograman
3. Manajemen fasilitas
4. Integrasi sistem
5. Dukungan operasi untuk pemeliharaan,
pelayanan atau pemulihan dari bencana
Keuntungan outsourcing:
1. Pengurangan biaya
2. Dapat memperkirakan biaya-biaya masa depan.
Latihan soal
1.Sub sistem input intelijen Sumber Daya Manusia bertugas:
a.Melakukan analisis jabatanb.Melakukan evaluasi jabatan
c.Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM di lingkungan luar perusahaan
d.Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM di dalam perusahaan
e.Mengumpulkan data karyawan
2.Cenderung dinamis dan dan bersifat keuangan adalah ciri dari:
a. Data personal c. Data keuangan
b. Data primer d. Data sekunder
e. Data pribadi
3.Melakukan proses penggajian adalah tugas yang dilakukan oleh sub sistem output:
a.Kompensasi c. Tunjangan
b.Perekrutan d. Manajemen angkatan kerja
e. Pelatihan
4.Pemindahan sistem ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya disebut:
a. Downsizing c. Smartsizing
b. Konsolidasi d. Outsourcing
e. Smallsizing
5.Mengkontrakkan semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan disebut:
a. Downsizing c. Smartsizing
b. Konsolidasi d. Outsourcing
e. Diversity.
Materi yang ditampilkan hanya sebatas penyesuaian kurikulum, untuk pengembangan materi secara lengkap disampaikan di kelas, dengan tampilan presentasi menggunakan MS. Powerpoint, diserta contoh-contoh dan ilustrasi.
BalasHapus