Total Tayangan Halaman

Selasa, 09 April 2019

Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen

Pertemuan 1
KONSEP DASAR SISTEM & INFORMASI 

Tugas UAS Mampu menganalisa Sistem Informasi Perusahaan dan membuat Laporan dari hasil analisa tersebut dan dapat mempresentasikan hasil analisa secara berkelompok. 
Isi dari Laporan tersebut antara lain: A. Profil Perusahaan 1. Data tentang Perusahaan 2. Visi dan Misi Perusahaan 3. Sejarah Perusahaan 4. Struktur Organisasi 
B. Analisa Sistem Informasi Perusahaan/Organisasi 1. Menjelaskan prosedur Sistem berjalan di Perusahaan 2. Menjelaskan permasalahan/kendala di Perusahaan 3. Menjelaskan Tool Blok Sistem Informasi di Perusahaan 
Tugas UAS • Sistem penilaian SIM (KBK)  20 %  Absensi     25%   Tugas & Quiz   25%  UTS  30%  UAS 
• Nilai UAS diambil dari tugas setelah UTS yang dipresentasikan. 
• Kriteria Penilaian 1.Dapat menganalisa, mengamati, menjelaskan , menyebutkan dari pengamatan yang telah dilakukan   (50%) 2.Dapat mengerjakan tugas dengan baik sesuai dengan tujuan, tepat waktu dan dapat bekerja sama   (25%) 3.Mampu membuat makalah dan format presentasi kemudian dipresentasikan dengan baik   (25%)
Tugas UAS
Penilaian Makalah Judul Bab I  Pendahuluan Bab II Landasan Teori Bab III  Hasil analisa Sistem Informasi a. Tinjauan Perusahaan  Sejarah Perusahaan , Visi dan Misi, Struktur Organisasi b. Prosedur Sistem Berjalan  Menentukan karakteristik sistem dari sistem yang dibahas dan tool Block Sistem (alat input, alat output, software yg digunakan) c.  Permasalahan Bab IV Penutup      Kesimpulan dan Saran 
Contoh Judul Tugas UAS 1. Analisa Sistem Informasi Penyewaan Mobil Pada UD. ABC Jakarta 2. Analisa Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Pada PT. KAI Jakarta 3. Analisa Sistem Simpan Pinjam Pada Koperasi ABC Bogor 4. Analisa Sistem Peminjaman dan Pengembalian VCD Pada Rental ABC  Jakarta 5. Analisa Sistem Penjualan motor secara kredit Pada Dealer Motor ABC 6. Analisa Sistem Informasi Perhitungan Jasa Parkir Pada PT. ABC Jakarta
KONSEP DASAR SISTEM Definisi sistem Menurut Gordon B. Davis: Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama. 
 Menurut Raymond Mc. Leod: Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan 
Karakteristik sistem:
1. Komponen ( component ) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi yang artinya bekerja sama membentuk satu kesatuan komponen-komponen sistem atau elemenelemen sistem dapat berupa suatu sub sistem atau bagian dari sistem. 2.  Lingkungan luar ( environment ) Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem 3.   Batasan (Boundary) Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luar. 
Karakteristik sistem:
4. Jalinan ( interface )  merupakan media penghubung antara satu sub sistem dengan subsistem yang lainnya 5. Masukan ( input ) Energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukkan dapat berupa maintenance input dan signal input 6. Proses ( process ) Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran 7. Keluaran ( output ) Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna
Karakteristik sistem:
8. Sasaran / Tujuan ( goal ) Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukkan yang dibutuhkan dan keluaran sistem yang akan dihasilkan oleh sistem itu sendiri
Klasifikasi sistem: 1.Sistem abstrak  vs Sistem fisik 2.Sistem alamiah  vs Sistem buatan manusia 3.Sistem probabilistik  vs Sistem deterministik 4.Sistem tertutup  vs Sistem terbuka
SIKLUS HIDUP SISTEM Definisi siklus hidup sistem Proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan   sistem, sub sistem informasi berbasis komputer 
Tahapan di dalam siklus hidup sistem Perencanaan (Planning) Analisis (Analisa) Perancangan (Design) Penerapan dan Penggunaan (Implementasi)
KONSEP DASAR INFORMASI
•Definisi data: Data merupakan kumpulan huruf atau angka yang   belum diolah sehingga tidak memiliki arti. 
• Definisi Informasi : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 
Kualitas Informasi : 
a. Akurat :  informasi bebas dari kesalahan dan bebas  dari bias b. Relevan:  informasi harus benar sesuai kebutuhan bagi pihak yang  membutuhkan informasi c. Tepat waktu:  informasi harus diberikan tepat pada waktu nya 
Nilai informasi :    Manfaat  Biaya mendapatkannya 
Tugas Kelompok
Buatlah Analisa dari suatu sistem yang terdapat di sebuah Perusahaan. Tentukan salah satu sistem yang ada disana. Kemudian tentukan karakteristik sistem yang  akan bahas. 
Contoh Analisa sistem pengolahan data pasien pada rumah sakit ABC 1. Komponen ( component )   Dokter, Administrasi, Pasien, apoteker, petugas lab (jika ada) 2. Lingkungan luar ( environment )  apoteker, pihak jaminan (apabila menggunakan jaminan) 3. Batasan (Boundary)     Dapat ditinjau dari pembayaran (pribadi atau jaminan) dan dapat ditinjau dari rawat jalan atau rawat inap
Contoh Analisa sistem pengolahan data pasien pada rumah sakit ABC
4. Jalinan ( interface ) a. Bagian pendaftaran    Dokter     Kartu pasien dan Kartu rekamedik b. Dokter          Pasien     Resep Dokter c. Dokter             Administrasi      Kartu rekamedik dan Kartu pasien d. Administrasi           Pasien     Kwitansi dan Copy resep e. Administrasi             Owner     Laporan data pasien dan laporan pendapatan
Contoh Analisa sistem pengolahan data pasien pada rumah sakit ABC
5. Masukan ( input )     Kartu pasien, Kartu rekamedik 6. Proses ( process ) Administrasi melakukan pendaftaran kemudian  memberikan data pasien dan kartu rekam medik ke dokter Dokter memberikan resep ke Pasiem Pasien menyerahkan resep ke kasir untuk mengambil obat dan melakukan transaksi pembayaran kemudian administrasi pemberikan kwitansi dan copy resep  Admnistrasi memberikan laporan data pasien dan laporan pembayaran ke owner 
Contoh Analisa sistem pengolahan data pasien pada rumah sakit ABC
7. Keluaran ( output ) Resep, kwitansi, Laporan Pasien, Laporan Pembayaran 
8. Sasaran / Tujuan ( goal ) Agar pengolahan data pasien lebih baik dalam hal informasi yang dihasilkan lebih akurat, relevan dan cepat lagi dari sistem yang sebelummnya.


PERTEMUAN 2 
SISTEM INFORMASI DAN CBIS

 Definisi Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan 
Komponen sistem informasi
1. Perangkat keras (Hardware) 2. Perangkat lunak (Software) 3. Database 4. Prosedur 5. Personil / Orang 6. Jaringan komputer dan komunikasi data 
Tool Blok Perancangan Sistem Informasi
1. Blok Input : Alat yang digunakan untuk menerima data. Contoh : Keyboard, mouse, scanner, kamera,dll.  2. Blok Output : Alat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran. Contoh : Printer, Monitor 3. Blok Model : Menyangkut materi pemrograman. Aplikasi sains digunakan pemrograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit.  Aplikasi Bisnis digunakan untuk mengolah data.
Tool Blok Perancangan Sistem Informasi
4. Blok Teknologi : Tingkat teknologi yang diperlukan sistem informasi, termasuk penggunaan internet. 5. Blok Database :  Database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas organisasi/ Perusahaan. 6. Blok  Kontrol : Aspek pengamanan sistem informasi. Pengamanan fisik  menyangkut pengamanan terhadap kebakaran, gempa bumi, sabotase, dll. Pengamanan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus, software, dll.
Macam-macam Sistem Informasi:
1. Sistem Reservasi Tiket Pesawat Terbang 2. Sistem Penjualan Kredit Kendaraan Bermotor 3. Sistem POS (Point-of-sale) 4. Sistem layanan akademis berbasis web 5. E-Government atau Sistem Informasi  pemerintahan berbasis Internet
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN • Definisi SIM menurut Gordon B. Davis  SIM adalah sistem manusia / mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi 
• Definisi SIM menurut George M. Scott  SIM adalah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi 
EUC (End User Computing) Komputasi Pemakai Akhir / End User Computing (EUC) Suatu lingkungan yang memungkinkan user secara langsung dapat menyelesaikan sendiri persoalanpersoalan terhadap kebutuhan informasi 
EUC berkembang karena  : • Kurang responsif nya Departemen yang melayani permintaan user karena orang-orangnya terlalu sibuk • Kecenderungan PC dan hardware pendukung yang semakin murah dan dapat dihubungkan dengan mudah ke server database. 
Kategori EUC Kategori EUC Karakteristik
End User Non Pemrogram
 Mengakses data yang disimpan dalam komputer melalui program yang sudah tersedia  Akses dibatasi atau didasarkan menu
User  Level-Perintah
  Mengakses data berdasarkan kebutuhan  Memberikan perintah sederhana SQL
Programmer
Menggunakan bahasa pemrograman prosedural & non prosedural
Personil pendukung fungsional
Membuat program berdasarkan kebutuhan end user lain
Personil pendukung komputasi
 Menguasai bahasa-bahasa untuk end user & dapat membuat software aplikasi
Pemrogram pemrosesan data
 Berada dalam pusat informasi  Bekerja atas dasar kontrak
Kategori EUC Kategori EUC Karakteristik
End User Non Pemrogram
 Mengakses data yang disimpan dalam komputer melalui program yang sudah tersedia  Akses dibatasi atau didasarkan menu
User  Level-Perintah
  Mengakses data berdasarkan kebutuhan  Memberikan perintah sederhana SQL
Programmer
Menggunakan bahasa pemrograman prosedural & non prosedural
Personil pendukung fungsional
Membuat program berdasarkan kebutuhan end user lain
Personil pendukung komputasi
 Menguasai bahasa-bahasa untuk end user & dapat membuat software aplikasi
Pemrogram pemrosesan data
 Berada dalam pusat informasi  Bekerja atas dasar kontrak
Spesialisasi Informasi
Spesialisasi informasi adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer. 
Spesialisasi informasi dibagi menjadi lima golongan utama yaitu: 1. Analis sistem 2. Pengelola database 3. Spesialis jaringan 4. Programmer 5. Operator 
JUSTIFIKASI CBIS
USER
ANALIS  SISTEM
SPESIALIS JARINGAN
PENGELOLA DATABASE
PROGRAMMER OPERATOR KOMPUTER
KONSEP DASAR CBIS
Kita menggunakan istilah sistem informasi berbasis komputer (CBIS) untuk menggambarkan lima sub sistem yang menggunakan komputer yang menyediakan informasi untuk pemecahan masalah 
Sub sistem CBIS                                                   1. Sistem Informasi Akuntansi 2. Sistem Informasi Manajemen 3. Sistem Penunjang Keputusan (DSS) 4. Otomatisasi kantor (OA) 5. Sistem Pakar 
SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL DALAM CBIS
SIE
SIA            SI PEMASARAN
SI MANUFAKTUR     SIK    SI HRD    SI SDI
SUB SISTEM FUNGSIONAL
SISTEM INFORMASI ORGANISASI
Tugas Kelompok
Rancanglah Sebuah Sistem Informasi sederhana yang kamu ketahui  dan jelaskan prosedur sistem berjalannya serta komponen sistem informasi yang terlibat.


PERTEMUAN 3
MANAJEMEN  & ORGANISASI

Definisi Manajemen Menurut Encyclopedia of the Social Science: Manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu  diselenggarakan dan diawasi.     Menurut Manullang: Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan. 
Tingkatan Manajemen Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah : 1. Tingkat perencanaan strategis  contoh : Direktur, Wakil Direktur 2. Tingkat pengendalian manajemen  contoh : Kepala Divisi, Kepala Bagian 3. Tingkat pengendalian operasional  contoh : supervisor, mandor, leader 
Piramida organisasi
TOP
MIDDLE
   LOW
   PERENCANAAN  STRATEGIS                       
PENGENDALIAN MANAJEMEN
 PENGENDALIAN OPERASIONAL
Fungsi Manajemen 1. Planning.      Merencanakan (plan) apa yang akan dilakukan.  2. Organizing.      Mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana  tersebut. 3. Staffing.  Menyusun staf (staff) organisasi dengan sumber daya yang diperlukan. 4. Directing.  Dengan sumber daya yang ada mereka mengarahkan (direct) untuk melaksanakan rencana. 5. Controlling.  Mengendalikan (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Manajemen & Sifat Informasi Karakteristik Informasi yang diperlukan oleh masingmasing tingkatan manajemen, antara lain: A. Sumber Informasi : Eksternal / Internal 
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Membutuhkan informasi dari  internal & eksternal (pemerintah, masyarakat, pesaing,supplier) Middle Membutuhkan informasi  bersifat tengahtengah antara top & low manajemen Low Membutuhkan informasi internal & sedikit  eksternal (misal dari supplier )
B.  Lingkup Informasi : Global / Parsial
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Memerlukan informasi organisasi secara global, informasi dari seluruh komponen organisasi Middle Membutuhkan informasi  semi global dan semi parsial. Mengkoordinasikan antar departemen Low Memerlukan informasi bersifat lokal atau parsial yang berhubungan dengan departemen masing-masing
C. Kurun Waktu Informasi : Jangka Panjang / Pendek
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Memerlukan informasi untuk jangka panjang. Rentang waktu jangka panjang tergantung jenis perusahaan. Middle Membutuhkan informasi jangka menengah Low Membutuhkan informasi jangka pendek
D. Kelengkapan Informasi : Hal-hal Pokok / Lengkap
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Memerlukan Laporan hanya pokok-pokok permasalahan Middle Memerlukan Laporan semi pokok Low Memerlukan Laporan yang lengkap seputar bagian masing-masing
E. Kerincian Informasi : Ringkas / Rinci
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Membutuhkan informasi berupa ringkasan, biasanya dalam bentuk grafik atau diagram Middle Memerlukan informasi semi ringkas Low Memerlukan informasi yang rinci/detail
F. Kerangka Waktu : Masa Depan/Masa Lalu
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Membutuhkan informasi tentang masa depan Middle Memerlukan informasi masa lalu (historis) Low Memerlukan informasi masa lalu (historis)
G. Saat Penyajian Informasi : Sesuai Kebutuhan / Periodik Rutin
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top Membutuhkan informasi sesuai kebutuhan terutama pada saat akan membuat keputusan Middle Memerlukan informasi semi periodik Low Memerlukan informasi secara periodik rutin untuk keperluan evaluasi secara teratur
Peran manajerial 1. Peran antar pribadi      a. Figurehead (kepala)      b. Leader (pemimpin)      c. Liasion (penghubung)  2. Peran informasi      a. Monitor (pemantau)      b. Disseminator (pewarta)      c. Spokesperson (juru bicara)  3. Peran keputusan      a. Enterpreneur (wirausaha)      b. Disturbance handler (pemecah masalah)      c. Resource allocation (pembagi sumber daya)      d. Negotiator (perunding)
Manajer
• Keahlian manajer  1. Keahlian komunikasi  2. Keahlian pemecahan masalah 
• Pengetahuan dasar manajer  1. Mengerti komputer  2. Mengerti informasi
KONSEP DASAR ORGANISASI
• Definisi Organisasi :     Suatu sistem perilaku orang-orang yang saling berinteraksi dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas 
• Definisi Struktur Organisasi :  kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan- hubungan diantara fungsi-fungsi
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi terdiri dari: 1. Organisasi Lini 2. Organisasi Lini & Staff 3. Organisasi Fungsional
Struktur Lini
Ciri : a.Hubungan antara pimpinan & bawahan masih bersifat langsung melalui satu garis wewenang b.Jumlah karyawan sedikit c. Pucuk pimpinan biasanya pemilik perusahaan d.Organisasi kecil
Direktur
Kabag A Kabag B Kabag C
Struktur Lini
Keuntungan a. Kesatuan pimpinan berada dalam satu tangan b. Pengambilan keputusan cepat c. Garis pimpinan tegas d. Pengendalian secara ketat dapat dilaksanakan Kelemahan a. Tidak dapat dibedakan antara tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan b. Kecenderungan pimpinan diktator c. Organisasi terlalu bergantung pada satu orang  d. Kesempatan karyawan berkembang terbatas
Struktur Lini & Staff
Ciri : a. Organisasi besar dan komplek b. Jumlah karyawan besar c. Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung 
DIREKTUR UTAMA
MANAJER PRODUKSI MANAJER PEMASARAN
STAFF
STAFF
Struktur Lini & Staff Keuntungan a. Pimpinan tetap berada pada satu tangan b. Adanya pembagian tugas yang jelas c. Bakat dapat dikembangkan 
Kelemahan a. Tidak ada perbedaan antara perintah dan bantuan b. Solidaritas karyawan kurang, karena tidak saling mengenal c. Persaingan kurang sehat sering terjadi
Struktur Fungsional
Ciri : a. Pembidangan tugas dapat dibedakan dengan jelas b. Spesialisasi karyawan dapat berkembang optimal c. Bawahan akan menerima perintah dari  beberapa atasan. PRESIDEN DIREKTUR
DIREKTUR PERENCANAAN
DIREKTUR TEKNIK 
PROYEK C 
PROYEK B 
PROYEK A
Struktur Fungsional Keuntungan a.Karyawan dapat terampil di bidang masingmasing b.Efisiensi & produktifitas dapat ditingkatkan c. Solidaritas, moral & disiplin karyawan tinggi 
Kelemahan a.Pekerjaan kadang-kadang sangat bosan b.Karyawan hanya mementingkan bidangnya
Visi dan Misi Perusahaan
Visi Merupakan sesuatu  yang didambakan untuk dimiliki dimasa depan. Menggambarkan aspirasi masa depan tanpa menspesifikasi cara-cara untuk mencapainya. 
Misi Apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan dalam usahanya mewujudkan Visi yang telah dirumuskan.
Tugas Kelompok Rancanglah Sebuah Perusahaan atau Organisasi  beserta Visi, Misi  dengan menggambarkan struktur organisasi salah satu dari struktur berikut ini: 1. Organisasi Lini 2. Organisasi Lini & Staff 3. Organisasi Fungsional   
Contoh Organisasi Lini
Sistem:  Analisa Sistem Penyewaan Lapangan  Futsal Pada Lapangan Futsal ABC Jakarta     
Gambar Tampilan Struktur Organisasi  Lini 
Owner
Cleaning Servis
Kasir
Contoh Organisasi Lini
Visi: Menjadikan ABC futsal sebagai lapangan futsal pertama dengan fasilitas modern, lengkap dan menjamin keselamatan serta menjadi lapangan futsal utama. 
Misi: a. Menambahkan carpet vinile pada lapangan agar mengurangi dampak cidera bagi pemain futsal. b. Meminjamkan bola secara gratis bagi penyewa lapangan. c. Mengadakan perlombaan kompetisi futsal. d. Menyediakan lahan parkir yang luas.
Contoh Organisasi Lini & Staff
Sistem:  Analisa Sistem Pendistribusian Furniture Pada UD. Furniture ABC       
Gambar Tampilan Struktur Organisasi  Lini dan Staff 
Pimpinan 
Bagian Adm. Penjualan 
Bagian Gudang
Manajer Penjualan
Contoh Organisasi Lini & Staff
Visi: Memberikan kesejahterahan kepada karyawan dan menjadi distributor  furniture terbesar di wilayah Jakarta 
Misi: a. Menyediakan jasa pengiriman produk yang cepat  b. Melakukan promosi secara berkala untuk memasarkan produk Furniture c. Terus berinovasi terhadap model-model yang baru
Contoh Organisasi Fungsional
Sistem: Analisa Sistem Pengolahan Data Karyawan pada Akademi ABC       
Gambar Tampilan Struktur Organisasi  Fungsional 
Kajur  KA
Direktur
Dosen B Dosen A
Kajur  MI
Dosen C
Contoh Organisasi Fungsional
Visi: Menjadi Akademi Unggulan dibidang Teknologi Informasi yang dilandasi Budi Pekerti Luhur 
Misi: Menghasilkan tenaga terampil dibidang teknologi informasi yang berkualitas, inovatif serta Berbudi Pekerti Luhur dan menguasai dasar berpikir ilmiah dibidang teknologi informasi yang profesional serta mampu mengaplikasikan ilmu teknologi informasi.


PERTEMUAN 4
SISTEM INFORMASI  MANUFAKTUR  &  PEMASARAN
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

Definisi  Merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa 
MODEL SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Sistem Informasi Akuntansi
Subsistem Industrial Engineering
Subsistem Intelegen manufaktur
Subsistem produksi
Subsistem Persediaan
Subsistem Biaya
Subsistem Kualitas 
Pemakai
Sumber Internal
Istilah yang digunakan dalam S.I. Manufaktur: 1. ROP (Reorder Point) suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali. 2. MRP (Material Requirements Planning) suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi 3. MRP II (Material Resources Planning) suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja. Sistem ini hanya untuk memperkerjakan mesin secara efektif
Istilah yang digunakan dalam S.I. Manufaktur: 4. JIT (Just In Time)  suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau tepat pada waktu nya 
5. CIM (Computer Integrated Manufacturing)  suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan efisien. CIM menggabungkan robotika, CAM kontrol mesin
Penggunaan Komputer sebagai bagian dari Sistem Produksi Fisik
Sistem Keterangan CAD (Computer Aided Design) Sistem yang menggunakan komputer untuk merancang suatu produk manufaktur  (mobil, kapal, pesawat terbang, dsb) CAE (Computer Aided Engineering) CAE identik CAD Sistem yang dirancang untuk menganalisa karakteristik dari suatu desain dan dipakai untuk mensimulasikan kinerja produk yang berbeda-beda untuk mengurangi pembuatan prototipe
Penggunaan Komputer sebagai bagian dari Sistem Produksi Fisik
Sistem Keterangan CAM (Computer Manufacturing) Sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengontrol suatu proses produksi. CAPP (Computer Aided Proses Planning) Sistem yang digunakan untuk merencanakan urutan proses untuk memproduksi atau merakit suatu komponen
Robotik
melibatkan pengguna robot industrial,alat yang secara otomatis melaksanakan tugas tertentu dalam proses manufaktur. 
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi  yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan. 
Sistem Informasi Pemasaran merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.
 MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN
SISTEM  INFORMASI AKUNTANSI
SUB SISTEM  PENELITIAN PEMASARAN
SUB SISTEM  INTELIGEN PEMASARAN
SUB SISTEM PRODUK
SUB SISTEM TEMPAT
SUB SISTEM PROMOSI
SUB SISTEM HARGA
SUB SISTEM BAURAN  PEMASARAN
DATA BASE
Sumber Internal 
Sumber Eksternal
Prinsip pemasaran Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur  4P :  1. Product      Menyediakan informasi mengenai produk yang dihasilkan 2. Promotion     Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan     dan penjualan langsung 3. Place     Menyediakan informasi tentang jaringan distribusi 4. Price     Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga
Kelompok Informasi Pemasaran 1. Informasi Produk      menyangkut produk yang dijual dan produkproduk kompetitor 2.  Informasi Promosi     Menyangkut cara, media dan waktu promosi yang dilakukan 3.  Informasi Tempat     Menyangkut lokasi atau tempat menjual produk 4.  Informasi Harga     Menyangkut harga produk, termasuk harga dari kompetitor
Penelitian Pemasaran Penelitian Pemasaran adalah Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran. 
Data Yang akan dikumpulkan untuk penelitian pemasaran: 1. Data Primer 2. Data Sekunder
Pengumpulan Data 1. Data Primer  Adalah data yang dikumpulkan oleh pihak perusahaan 
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data primer : a. Survey b. Wawancara mendalam c. Pengamatan d. Pengujian terkendali
Pengumpulan Data 2. Data sekunder  adalah data yang dikumpulkan oleh  pihak lain.   Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar, majalah,  buku atau internet.
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran 1. Riset Pemasaran (Marketing Research) Berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data pelanggan dan calon pelanggan 
2.Informasi Pemasaran (Marketing Intelligence) Berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data perusahaan pesaing yang memiliki hubungan dengan penjualan barang dan jasa dari produsen ke konsumen
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran  3. Pemrosesan transaksi Sistem informasi akuntansi yang berhubungan dengan penjualan 
4. Peramalan Penjualan (Sales Forecasting) Berguna untuk melaksanakan peramalan penjualan
Tugas Kelompok 1. Gambarkan proses siklus produksi barang secara manufakturing. Jelaskan dari proses pembuatan sampai dengan proses pengiriman ke customer 2. Buatlah Strategi Pemasaran pada sebuah Perusahaan dengan menggunakan konsep 4P. Bentuk pilihan pemasaran yang dapat digunakan: a. Produk b. Jasa c. Pengalaman.


PERTEMUAN 5 
SISTEM INFORMASI KEUANGAN

Definisi
Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu subsistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
MODEL SISTEM INFORMASI KEUANGAN
Sistem Informasi Akuntansi
Subsistem Audit Internal
Subsistem Intelegen Keuangan
Data base
Pemakai
Sumber Eksternal
Sumber Internal
Subsistem Peramalan
Subsistem Manajemen Dana
Subsistem Pengendalian
Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi Keuangan terdiri atas 2 subsistem : 1. Sistem Informasi Akuntansi 2. Sistem Informasi Anggaran 
A. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Menyediakan data akuntansi yang berupa catatan mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan. 
Akuntansi adalah rekaman kegiatan organisasi dalam bentuk bahasa keuangan. Informasi selanjutnya digunakan untuk dasar pengambilan keputusan manajer
A. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Sub Sistem yang terdapat pada sistem informasi akuntansi antara lain: 1. Pemrosesan pesanan penjualan: subsistem yang  menangani pemrosesan pesanan dari pelanggan 2. Pemrosesan persediaan: subsistem yang menangani perubahan dalam persediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali 3. Buku Besar (general ledger): subsistem yang mengkonsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik 4. Piutang Dagang: subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan serta laporan manajemen kredit
B. Sistem Informasi Anggaran Sistem Informasi Anggaran dalam organisasi pemerintah atau dalam Perusahaan bertujuan menyediakan informasi keuangan bagi manajer keuangan. Proses pembuatan anggaran: 1. Pendekatan dari atas ke bawah Eksekutif yang menentukan jumlah anggaran dan kemudian menekankan jumlah tersebut pada tingkat yang lebih rendah. 2. Pendekatan dari bawah ke atas Proses penganggaran dimulai pada tingkat organisasi terendah. 3. Pendekatan partisipasi Pihak yang akan menerima dana ikut berpartisipasi dalam menentukan tingkat dana.
Output dari Sistem Informasi Keuangan I. Sub Sistem Peramalan Berfungsi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis 
    Fakta Dasar Peramalan: a. Semua peramalan merupakan proyeksi dari  masa lalu b. Semua peramalan adalah keputusan semi  terstruktur c.  Tidak ada peramalan yang sempurna
Metode Peramalan  Jenis-jenis peramalan  1. Peramalan jangka panjang  2. Peramalan jangka pendek 
   Metode Peramalan  1. Metode kuantitatif  2. Metode Non Kuantitatif      a. Tehnik Konsensus Panel      b. Metode Delphi      c. Rapat elektronik
 II. Sub Sistem Manajemen Dana  Berguna untuk membantu pengelolaan aset, seperti kas dan saham dengan manfaat yang tinggi tetapi dengan resiko yang kecil 
   Tujuan : 1.Memastikan bahwa arus uang yang masuk melalui pendapatan lebih besar dari arus uang yang keluar melalui biaya 2.Memastikan bahwa keadaan ini akan stabil sepanjang tahun
 III . Sub Sistem Pengendalian
Sub sistem yang terkait dengan anggaran. Bagian ini dapat melaksanakan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan
Auditor
Sistem Audit Internal Auditor adalah orang bertugas memeriksa catatan akuntansi untuk menguji kebenarannya. 
Auditor dibagi menjadi dua jenis yaitu : 1. Auditor Ekternal : Auditor yang bekerja untuk  kantor akuntansi publik. 
2. Auditor Internal : Auditor yang dimiliki sendiri oleh perusahaan
POSISI AUDIT INTERNAL DALAM ORGANISASI
DEWAN DIREKSI
CHIEF EKSEKUTIF OFFICER 
ATAU 
CHIEF FINANCIAL OFFICER 
DIREKTUR  AUDIT INTERNAL 
DEPARTEMEN  AUDIT INTERNAL
Komite Audit
Auditor
• Sifat pekerjaan Auditor Internal    1. Obyektivitas   2. Independen 
• Pengetahuan dan Keahlian Auditor Internal  1. Pendidikan  2. Kemampuan khusus  3. Pengalaman
Proses Pembuatan Anggaran MODEL PERAMALAN
PERAMALAN PENJUALAN
MANAJEMEN PUNCAK
RAMALAN PENJUALAN YG DISETUJUI
PERENCANAAN SUMBER DAYA
KEBUTUHAN JASA INFO.
KEBUTUHAN MANUFAKTUR
KEBUTUHAN PEMASARAN
KEBUTUHAN KEUANGAN
KEBUTUHAN SDM
MANAJER JASA INFO.
MANAJER MANUFAKTUR
MANAJER PEMASARAN
MANAJER KEUANGAN
MANAJER SDM
ANGGARAN JASA ANGGARAN MANFAKTUR
ANGGARAN PEMASARAN
ANGGARAN KEUANGAN
ANGGARAN SDM
MANAJEMEN PUNCAK
ANGGARAN OPERASI AKHIR
Tugas Kelompok
Buatlah proposal  untuk melakukan promosi sebuah produk yang akan dipasarkan, dengan isi proposal terdiri dari : a. Tema kegiatan b. Tempat, tanggal dan waktu pelaksanaan c. Tujuan kegiatan d. Sasaran peserta e. Susunan acara f. Rancangan anggaran dana kegiatan.

PERTEMUAN 6
SISTEM INFORMASI  SUMBER DAYA MANUSIA  & SISTEM INFORMASI  SUMBER DAYA INFORMASI 
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
• Definisi Sistem Informasi SDM Sistem yang digunakan dalam mengelola  personil yang ada didalam perusahaan. 
• Fungsi SDM SDM merupakan departemen atau divisi di  dalam organisasi yang bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang  berhubungan dengan SDM. 
Kegiatan Utama SDM 
1. Perekrutan dan Penerimaan  2. Pendidikan dan Pelatihan 3. Manajemen Data 4. Penghentian dan Administrasi Tunjangan
ARUS SUMBER DAYA PERSONIL 
   PENERIMAAN   
PEREKRUTAN 
DIKLAT 
PENGHENTIAN 
ADMINISTRASI TUNJANGAN 
CALON PEGAWAI 
PEGAWAI YANG PENSIUN 
PEGAWAI 
MANAJEMEN DATA
MODEL SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
PEMAKAI
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SUB SISTEM PENELITIAN SDM
SUB SISTEM INTELIGEN SDM
SUB SISTEM PERENCANAAN ANGKATAN KERJA
SUB SISTEM PEREKRUTAN
SUB SISTEM MANAJEMEN ANGKATAN KERJA
SUB SISTEM TUNJANGAN
SUB SISTEM BENEFIT
SUB SISTEM  PELAPORAN LINGKUNGAN     
Sumber Internal
Sumber Eksternal
A. Subsistem Input Sistem Informasi SDM : 1. Sistem Informasi Akuntansi     Data yang diolah terdiri dari data personil dan data keuangan 
Data Personil : relatif lebih permanen & bersifat non keuangan Data Keuangan : bersifat keuangan & cenderung dinamis 
2. Subsistem Penelitian SDM     Mengumpulkan data melalui proyek penelitian   khusus:     a. Penelitian suksesi     b. Analisis dan evaluasi jabatan     c. Penelitian keluhan
A. Subsistem Input Sistem Informasi SDM : 3. Subsistem Intelijen SDM     Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM dari lingkungan luar perusahaan. 
Database SISDM   Data yang tersimpan dalam database SISDM     terdiri   dari data pegawai dan data non-pegawai. 
Data Pegawai : berisi data yang berhubungan dengan data pegawai atau perusahaan yang ada Data Non Pegawai : berisi data non pegawai dalam database perusahaan. Seperti: data agen tenaga kerja, akademi/universitas, serikat pekerja dan pemerintah
B. Subsistem Output Sistem Informasi SDM : 1. Subsistem Angkatan Kerja     Semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan kebutuhan pegawai dimasa depan. 
2. Subsistem Perekrutan     Melakukan kegiatan perekrutan
B. Subsistem Output Sistem Informasi SDM : 3. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja     Menggunakan aplikasi untuk mengetahui usaha     pengembangan angkatan kerja yang sudah dilakukan 
4. Subsistem Kompensasi      Melakukan proses penggajian
B. Subsistem Output Sistem Informasi SDM : 5. Subsistem Tunjangan     Menyediakan paket tunjangan baik bagi pegawai yang masih bekerja maupun yang pensiun. 
6.Subsistem Pelaporan Lingkungan.    Ditujukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan diluar perusahaan. 
Sistem Informasi Kepegawaian Berguna untuk mengolah data kepegawaian 
Data yang terdapat pada S.I. Kepegawaian : Data Induk: identitas pegawai memuat NIP, nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, agama, dll 
Data Riwayat kepegawaian : data kenaikan jabatan, data prestasi kerja, data pensiun, dll 
Data Pendidikan, keluarga dan lain-lain :  data pendidikan, data keluarga, data tanggungan 
Output : data pribadi, daftar pegawai yang akan naik jabatan, data pegawai yang akan pensiun
Sistem Informasi Penggajian Berguna untuk mengolah data gaji , cetak slip gaji dan pembuatan laporan daftar gaji 
Input : Data gaji pokok, data tunjangan, data kenaikan jabatan, data lembur, data potongan, 
Laporan : Slip gaji, Rekapitulasi gaji pegawai perbulan
SISTEM INFORMASI  SUMBER DAYA INFORMASI
PENDAHULUAN 
1. Jasa Informasi adalah area fungsional utama     perusahaan yang terdiri dari analis sistem, programmer, pengelola database, spesialis jaringan, dan personil operasi.
Pendahuluan
2. Sumber Daya Informasi perusahaan meliputi hardware,software, para spesialis informasi, pemakai, fasilitas, database dan informasi. 
3. Sistem Informasi Sumber Daya Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi perusahaan pada para pemakai diseluruh perusahaan 
4. Manajer unit jasa informasi dikenal dengan istilah CIO(Chief Information Officer)
A. Sub sistem Input  Sistem Informasi Sumber Daya   Informasi
1. Sistem Informasi Akuntansi     Mengumpulkan data internal yang menjelaskan   unit jasa informasi dan data eksternal yang menjelaskan transaksi unit tersebut dengan para pemasoknya. 
2. Subsistem Riset SDI     Melakukan kegiatan-kegiatan yang terdiri dari proyekproyek riset di dalam perusahaan yang selanjutnya menentukan kebutuhan pemakai dan kepuasan pemakai.
A. Sub sistem Input  Sistem Informasi Sumber Daya   Informasi
3. Subsistem Intelijen SDI     Berhubungan dengan pengumpulan informasi dari elemen-elemen lingkungan perusahaan
B. Subsistem Output Sistem Informasi Sumber Daya   Informasi 1. Subsistem perangkat keras     Menyiapkan output informasi yang menjelaskan    sumber daya perangkat keras. 2. Subsistem perangkat lunak     Menyiapkan output informasi yang menjelaskan    sumber daya perangkat lunak 3. Subsistem SDM     Menyediakan informasi tentang spesialis     informasi perusahaan.
B. Subsistem Output Sistem Informasi Sumber Daya   Informasi 4. Subsistem data dan informasi     Menyiapkan output yang menjelaskan sumber daya data dan informasi yang berada di database pusat 
5. Subsistem  sumber daya terintegrasi     Menyatukan informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras, perangkat lunak, SDM, serta data dan informasi. 
Tanggung jawab Chief Information Officer (CIO) 
1.Berkontribusi pada perencanaan strategis perusahaan dan jasa informasi 
2.Sumber kepemimpinan utama dalam mencapai dan memelihara kualitas informasi, menjaga keamanan sumber daya informasi, merencanakan keadaan tak terduga dan menjaga biaya sumber daya informasi tetap terkendali.
Keamanan Sistem
Keamanan Sistem  Mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. 
Tujuan keamanan :  1. Kerahasiaan  2. Ketersediaan  3. Integritas
Keamanan Sistem
 Ancaman terhadap keamanan :    1. Pengungkapan tidak sah & pencurian    2. Penggunaan tidak sah    3. Penghancuran tidak sah & penolakan jasa    4. Modifikasi tidak sah 
Untuk mengatasi ancaman keamanan dilakukan pengendalian akses sebagai berikut : 1. Identifikasi pemakai 2. Pembuktian keaslian pemakai 3. Otorisasi pemakai
Perencanaan berjaga-jaga untuk mengatasi keamanan 1. Rencana darurat :      merencanakan ukuran-ukuran yang memastikan keamanan pegawai jika terjadi bencana seperti sistem alarm, prosedur evakuasi dan sistem pemadam api 
2. Rencana cadangan :  a. Pengulangan ( redudancy )  b. Keragaman ( diversity )  c. Mobilitas ( mobility )
Perencanaan berjaga-jaga untuk mengatasi keamanan
 3. Rencana catatan-catatan vital   Cara mengamankan catatan-catatan vital : a. Back-up b. Back-up disimpan di lokasi yang jauh 
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi • Konsolidasi        Mengurangi jumlah sumber daya  informasi  yang terpisah • Downsizing  Transfer berbagai aplikasi  berbasis komputer dari  konfigurasi peralatan  besar  (mainframe) ke platform  yang lebih kecil (komputer  mini, LAN berbasis PC )
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi Smartsizing  Adalah pemindahan ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya Keuntungan:  1. Pengurangan biaya 2. User friendly 3.Lebih cepat dalam menjalankan sistem 4.User dapat berpartisipasi dalam bangsis 5.User dapat berkomunikasi dengan staf IT  dengan lebih baik 
Smartsizing 
Resiko:   1. Keamanan  2. Berkurangnya integritas  3. Kesulitan pemulihan dari bencana
Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi • Outsourcing  Mengkontrakkan keluar semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan 
Outsourcer : suatu perusahaan jasa komputer yang melaksanakan sebagian atau seluruh kegiatan komputasi perusahaan pelanggan untuk periode waktu yang lama
Outsourcing
Jasa outsorcing: 1. Entry data & pengolahan data sederhana 2. Kontrak pemrograman 3. Manajemen fasilitas 4. Integrasi sistem 5. Dukungan operasi untuk pemeliharaan,      pelayanan atau pemulihan dari bencana 
Keuntungan outsourcing: 1. Pengurangan biaya 2. Dapat memperkirakan biaya-biaya masa depan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar